Resep Dadar Jagung

Siapa yang nggak kenal dadar jagung? Hayoo pasti yang nggak kenal dadar jagung bukan orang Jawa Timur ya (hehe) soalnya warga dsni, Jakarta, menyebutnya sebagai bakwan jagung. Dan selama 7,5 tahun tinggal di sini, jarang (atau belum pernah) kutemukan dadar (bakwan) jagung yang cara buatnya dengan cara meng-uleg jagungnya. Sebaliknya, bakwa jagung yang kutemui di sini jagungnya hanya dipipil saja, terus ditambahi tepung, jadi mrongkol-mrongkol gitu jagungnya.

Anyway, kalau di rumah, aku selalu membuat dadar jagung dengan cara meng-uleg jagungnya. Makanya aku tetap menamakannya dadar jagung, bukan bakwan jagung.

Nah, yang bikin hati tambah berbunga-bunga adalah.. teman-teman kantorku yang notabene bukan orang Jawa Timur juga suka dengan dadar jagung buatanku. 

Karena itulah, aku berbagi resep dadar jagung, siapa tahu ada Sobat Wendah yang juga tertarik untuk mempraktikkannya. Gampang banget kok cara buatnya. Check it out...

Bahan:
2 buah jagung manis
7 sdm tepung terigu/secukupnya
½ sdm tepung beras
Daun bawang secukupnya

Bumbu:
7 bawang merah
2 bawang putih
½ sdt terasi
Garam secukupnya
Gula secukupnya
1 lembar daun jeruk

Cara memasak:
  1.  Pipil dan uleg jagung manis dengan tingkat kehalusan sesuai selera
  2.  Uleg (haluskan) semua bumbu
  3.  Campur bumbu yang telah dihaluskan dengan jagung yang sudah diuleg
  4.  Masukkan daun bawang yang sudah diiris-iris sesuai selera
  5.  Tambahkan tepung terigu dan tepung beras (secukupnya)
  6.  Goreng hingga matang
Itu tadi resep dadar jagung ala rumahan yang biasanya aku buat. Sebetulnya tidak ada takaran pasti untuk bumbunya, semuanya didasarkan sesuai selera. Yang pasti, bawang merahnya harus lebih banyak ketimbang bawang putihnya. Lalu terasi itu juga nggak wajib, tapi aku selalu pakai soalnya sudah kebiasaan sih hehe.

Pernah suatu hari seorang teman yang sedang berkunjung ke rumah sempat kaget melihatku menambahkan daun jeruk saat membuat dadar jagung. Meskipun ia juga dari Jawa Timur, ia tidak pernah menambahkan daun jeruk ke dalam adonan dadar jagungnya. Dan setelah ia mencoba dadar jagungku yang sudah matang... Ia mengakui bahwa penambahan daun jeruk membuat dadar jagung terasa lebih lezat.

Menurut ibu (sekali lagi ini hanya soal selera), dadar jagung itu akan lebih terasa enak kalau ditambahi daun jeruk. Tapi seandainya nggak ada daun jeruk, kencur pun bisa jadi alternatifnya. Hmm kalau aku sih udah telanjur cinta sama daun jeruk buat dadar jagung, kurang afdol rasanya dadar jagung tanpa daun jeruk.

Ngomong-ngomong soal dadar jagung, bagiku, paling enak dadar jagung itu ditemani sama sayur bayam, ikan asin, dan sambel terasi plus nasi tentu saja. Hmm yummy pokoknya, alhamdulillah..

Dadar Jagung dan Kawan-kawannya

Comments

  1. Mau dong mbak Wendah :) Pengen bikin besok-besok . Nice resep.

    ReplyDelete
  2. minta yang sudah mateng saja tante

    ReplyDelete

Post a Comment